INFORMASI MAHASISWA

Pelayanan mahasiswa diberikan dalam bentuk layanan informasi, bantuan belajar, bimbingan akademik, administrasi akademik, keluhan pelanggan, dan perpustakaan. Layanan ini dimaksudkan membantu mahasiswa mengatasi masalah akademik dan administrasi akademik yang dihadapi selama belajar di UT.

LAYANAN INFORMASI


Layanan informasi dapat diperoleh melalui berbagai modus :

  1. Situs UT, dengan alamat http://www.ut.ac.id/
  2. Newsletter, dengan cara mendaftarkan alamat email mahasiswa melalui menu newsletter
  3. Interactive voice recorder (IVR) pada nomor telepon (021)7490941
  4. Surat edaran kepada mahasiswa
  5. Papan pengumuman di UPBJJ-UT
  6. Leaflet atau brosur tentang UT
  7. Majalah Komunikasi.

LAYANAN BANTUAN BELAJAR


Layanan bantuan belajar meliputi penyediaan bahan ajar suplemen dan tutorial. Bahan ajar suplemen adalah bahan ajar tambahan yang bertujuan antara lain untuk memperjelas materi dari modul yang sulit dipahami, memperbaiki materi yang belum direvisi dan memperkaya sumber bacaan. Bahan ajar suplemen dapat diakses melalui http://www.ut.ac.id menu UT open courseware. Pembahasan tentang tutorial dapat dilihat pada BAB IV Tutorial.

LAYANAN BIMBINGAN AKADEMIK


Layanan bimbingan akademik antara lain meliputi layanan konsultasi mengenai strategi belajar, cara belajar, pemilihan program studi, pemilihan mata kuliah, dan konsultasi tentang TAP. Mahasiswa yang membutuhkan bimbingan akademik dapat menghubungi fakultas terkait atau staf akademik di UPBJJ-UT melalui surat, telepon, e-mail, atau datang langsung. Selain itu mahasiswa dapat meminta bantuan pada Forum Komunitas UT Online yang dapat diakses melalui alamat http://www.ut.ac.id/ pada menu Tutorial Online.

Untuk dapat memberikan layanan bantuan belajar kepada mahasiswa, Perpustakaan UT telah melakukan kerja sama dengan Forum Kegiatan Perpustakaan Perguruan Tinggi (FKP2T). Mahasiswa UT dapat memanfaatkan koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi anggota forum dengan cara memiliki Kartu Sakti yang dapat diperoleh dengan cara mendaftar di perguruan tinggi terdekat anggota forum dengan syarat:

  1. Menyerahkan fotokopi kartu mahasiswa;
  2. Pasfoto ukuran 2 X 3 (1 lembar);
  3. Biaya administrasi pendaftaran Rp 7.500,00.

Keuntungan yang didapat dari pemegang Kartu Sakti ini adalah terbebas dari biaya kunjungan ke perpustakaan anggota jaringan dan dapat menggunakan fasilitas perpustakaan yang ada (baca di tempat dan fotokopi). Kartu ini berlaku selama 1 semester.

Adapun Perpustakaan Perguruan Tinggi yang tergabung dalam FKP2T adalah:

  1. Perpustakaan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
  2. Perpustakaan Universitas Jember.
  3. Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta.
  4. Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
  5. Perpustakaan Universitas Negeri Sebekas Maret, Surakarta.
  6. Perpustakaan Institut Seni Indonesia Surakarta.
  7. Perpustakaan Universitas Diponegoro, Semarang.
  8. Perpustakaan Universitas Negeri Semarang.
  9. Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.
  10. Perpustakaan Universitas Brawijaya, Malang.
  11. Perpustakaan Universitas Negeri Malang.
  12. Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya.
  13. Perpustakaan Universitas Airlangga, Surabaya.
  14. Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.
  15. Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta.
  16. Pusat Layanan Pustaka Universitas Terbuka, Jakarta.
  17. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Syarif Hidatayatullah Jakarta.
  18. Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Jember.
  19. Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Malang.
  20. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.
  21. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
  22. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.
  23. Perpustakaan Universitas Lampung.
  24. Perpustakaan Universitas Udayana.
  25. Perpustakaan Universitas Mataram.
  26. Perpustakaan Politeknik Negeri Singaraja.

Mahasiswa UT juga dapat memanfaatkan koleksi perpustakaan daerah (Badan Perpustakaan Daerah) yang ada di setiap provinsi dengan menjadi anggota.

  1. Perubahan Data Pribadi Akurasi data pribadi mahasiswa sangat penting karena akan digunakan untuk data peserta ujuan, penulisan ijazah/sertifikat, dan keperluan pengiriman informasi atau dokumen. Mahasiswa dapat megajukan perubahan data pribadi karena adanya perubahan data (misalnya alamat, nama, tempat, dan tanggal lahir). Perubahan atau perbaikan data pribadi mahasiswa harus dilaporkan ke UPBJJ-UT dengan menggunakan Formulir Perubahan Data Pribadi. Perubahan atau perbaikan data pribadi mahasiswa menyangkut nama dan tanggal lahir harus disertai dengan fotokopi surat bukti yang bersifat legal seperti akta kelahiran, ijazah kartu pegawai, keputusan pengadilan, dan lain-lain.
  2. Penggantian Kartu Mahasiswa Bila kartu mahasiswa hilang atau rusak, mahasiswa harus melaporkan dan meminta penggantinya ke UPBJJ-UT atau ke Subbag Pelma - BAAPM UT Pusat dengan cara berikut.
    1. Menghubungi UPBJJ untuk mendapatkan LIP pembayaran Cetak Duplikat Kartu Mahasiswa.
    2. Membayar biaya penggantian Kartu Mahasiswa dengan menggunakan LIP pembayaran Cetak Duplikat Kartu Mahasiswa melalui Bank BRI/BTN/Mandiri.
    3. Menyerahkan LIP pembayaran Cetak Duplikat Kartu Mahasiswa yang sudah divalidasi Bank (asli) ke UPBJJ-UT atau ke Subbag Pelma BAAPM UT pusat.
    4. Foto langsung di UPBJJ-UT atau Subbag Pelma BAAPM UT Pusat atau menyerahkan pas foto ukuran 3 X 4 atau softcopy pas foto (bukan hasil scan) dengan kriteria W=358pixel; H=476pixel; resolusi 300 dpi/inch ke UPBJJ-UT atau Subbag Pelma BAAPM UT Pusat.
  3. Penyelesaian Kasus Nilai Mahasiswa dapat menyampaikan keluhan atau pengaduan mengenai nilai ujian secara tertulis ditujukan kepada Kepala UPBJJ-UT dengan menggunakan Formulir Pengaduan Kasus Nilai Ujian. Mahasiswa juga dapat meyampaikan kasus nilai melalui telepon, melalui menu Layanan Informasi pada http://www.ut.ac.id/ . Pengaduan kasus nilai harus dilampiri dengan LIP Registrasi Mata Kuliah yang sudah divalidasi Bank.

Keluhan pelanggan dapat disampaikan melalui:

  1. Situs UT dengan alamat http://www.ut.ac.id/, pada menu "mahasiswa dan alumni" lalu klik "Layanan Informasi";
  2. UPBJJ-UT setempat; atau
  3. Surat yang ditunjukan ke unit terkait dengan alamat Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tanggerang Selatan 15418