Tips Ujian dari Mahasiswa

Tips berikut untuk seluruh mahasiswa UT dimanapun berada, jurusan/fakultas apapun, semester berapapun (terutama untuk mahasiswa baru) dan UPBJJ mana pun.

Dwi Widyastuti (mahasiswa UT – Program Studi S1 Ilmu Komunikasi)

Berikut beberapa tips sukses ikut ujian :

  1. Siapkan peralatan alat tulis standar untuk mengerjakan ujian spt :
    • Pensil 2B
    • Rautan
    • Penghapus
    • Pulpen
    • dan alat tulis tambahan lain yang mungkin dibutuhkan
  2. Siapkan dokumen untuk syarat ikut ujian
    (ini penting, karena percuma klo ada alat tulis tapi klo dokumen ini gak dibawa, gak bole ikut ujian juga bo!), yaitu :
    • KTPU (Kartu Tanda Peserta Ujian)
    • KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)
  3. Tahu tempat / lokasi ujian 1 hari sebelum hari H ujian.
    Buat temen2 mahasiswa baru, yang baru perdana mo ikut ujian, sebaiknya sudah hunting lokasi tempat ujian 1 hari sebelum hari H. Ini penting untuk menghindari keterlambatan datang saat hari H karena masih harus cari2 lokasi ujian (belum lagi kalo pake nyasar2), coz klo telat dr 20 menit tidak di perbolehkan ikut ujian. Jadi lebih baik sempatkan di hari sabtu untuk ke tempat ujian masing2, terutama untuk yg masih buta alias blm tahu sama sekali tempat/lokasi ujiannnya. Keterlambatan yang berakibat tidak biss ikut ujian dianggap tidak ikut ujian, tidak ada susulan dan diberikan nilai E.
  4. Datang ke tempat ujian minimal 30 menit sebelum ujian dimulai.
    Ini supaya kamu bisa cari ruang ujian sesuai di KTPU, bisa istirahat dulu, dan masih ada waktu buat belajar ataupun menyiapkan alat2 tulis, misalnya nyerut pensil gtu.. :D (Bayangin klo kamu udah terlambat datang, salah ruang ujian, pensil belum di serut, keringat bercucuran, deg2an, masuk ke ruang yang benar tapi di tolak karena udah lebih dari 20 menit, merana banget khan.. plus lagi ntar nilainya jadi E, komplit bener dah deritanya, jangan sampe ini terjadi sama kalian ya teman.. :P)
  5. Jangan coba2 untuk nyontek ke buku, apalagi ke temen di sebelah mu.
    Selain ini perbuatan tidak baik / curang, juga akan ada sanksi buat si penyontek, yaitu nilai E. (Malu dunk masa uda gede masih nyontek :P). Dan buat yg mau nyontek ke temen di sebelah, tanya dulu, dia mata kuliahnya sama atau enggak, karena 1 ruangan terdiri dari berbagai macam jurusan dan mata kuliah, jadi jangan sampe nyontek dgn teman yg mata kuliahnya berbeda, hoho.. (sama aja bunuh diri :P). Dan kebanyakan kalian juga gak saling kenal, lebih tengsin lagi klo mo nyontek ke temen di sebelah yg gak kenal :P
  6. Cermat dan teliti mengisi LJU (Lembar Jawaban Ujian).
    Buat temen2 mahasiswa baru khususnya, perhatikan instruksi dari pengawas ujian sebelum ujian di mulai. Perhatikan dan isi dengan cermat dan teliti kolom2 yg wajib diisi (baik yang ditulis maupun di hitamkan/dibulatin dengan pensil), spt :
    • Nama
    • NIM
    • Nama Mata Kuliah
    • Kode mata kuliah
    • Tanggal Lahir
    • Tanggal Ujian
    • Tempat Ujian
    • Kode tempat ujian dan ruang ujian
    • Tanda tangan ( BUKAN Paraf)
    • dsb

    karena kelalaian mengisi kolom tsb bisa berakibat data kamu tidak sesuai, sehingga nilainya tidak keluar pada saat pengumuman nilai nanti.

  7. Tanda tangan pada absensi harus sama dengan tanda tangan di LJU ( BUKAN paraf).
    Nanti saat ujian dimulai, pengawas akan datang ke tempat duduk kalian satu2 untuk tanda tangan di list absen, dan tanda tangan HARUS SAMA dengan di LJU, dan sekali lagi tanda tangan BUKAN paraf ya teman. Perbedaan tanda tangan ini juga bisa berakibat nilai kamu gak keluar pd saat pengumuman nilai nanti.
  8. Berdo'a
    Ini penting ya teman, karena apapun usaha yg telah kita lakukan, tetap semuanya berjalan sesuai kehendak Tuhan YME. Jadi banyak2 berdo'a supaya ujian kalian di berikan kemudahan dan lancar mengerjakannya.
  9. Belajar sebelum ujian
    Ini udah harga mati, gak bisa diganggu gugat. Percuma klo smua tips di atas dilaksanakan tapi gak belajar.. ya khan?! Orang pintar pasti belajar dulu sebelum ujian (gak maksud ikut iklan ya, hehe :D)

Nah, semoga bermanfaat ya tipsnya. Tengkyuu.. ^_^

Share This Post