Sistem Ujian Online

Salah satu jenis evaluasi hasil belajar di Universitas Terbuka adalah Ujian Akhir Semester Online (UAS Online). UAS online dikenal dengan nama Sistem Ujian Online (SUO). SUO dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa: (a) mengikuti ujian yang jam ujiannya bentrok (ujian salah satu mata kuliah bentrok bisa diikuti melalui SUO), (b) mengikuti UAS di luar jadwal UAS tertulis yang telah ditentukan dalam kalender akademik UT.

Sistem Ujian Online

Bentuk soal SUO juga berupa tes objektif (pilihan ganda) atau tes uraian (esai). Untuk SUO objektif, jawaban langsung dikerjakan pada komputer secara online, sedangkan untuk SUO uraian, jawaban dikerjakan pada BJU.

suasana SUO di UPBJJ-UT Jakarta

Beberapa ketentuan tentang SUO adalah sebagai berikut.

  1. SUO dilaksanakan di kantor UPBJJ-UT.
  2. Hari, tanggal, dan jam ujian SUO ditentukan oleh UPBJJ-UT. Oleh karena itu, calon peserta harus menghubungi UPBJJ-UT untuk mendapat kepastian pelaksanaan SUO.
  3. Untuk dapat mengikuti SUO, mahasiswa harus datang ke kantor UPBJJ-UT pada hari yang telah ditetapkan dengan membawa Kartu Mahasiswa atau KTP/SIM dan print out konfirmasi dari UT online. Tanpa bukti identitas dan bukti konfirmasi sebagai peserta SUO, mahasiswa tidak diperkenankan mengikuti SUO.
  4. Syarat dan ketentuan lainnya dapat ditanyakan ke UPBJJ-UT.

Tampilan Layar SUO

Registrasi Sistem Ujian Online (SUO)

Registrasi SUO dilakukan sebagai berikut.

  1. Melihat daftar mata kuliah yang ditawarkan untuk SUO pada http://elearning.ut.ac.id
  2. Meregistrasi mata kuliah SUO
    1. waktu registrasi bersamaan dengan registrasi mata kuliah (khusus mata kuliah jam ujian bentrok)
    2. setelah penutupan registrasi mata kuliah (mata kuliah yang telah diregistrasikan) jika kuota masih tersedia
  3. Menerima LIP SUO dari UPBJJ dan membayar biaya registrasi SUO sesuai jumlah tagihan dalam LIP SUO di bank mitra UT (Bank BRI/BTN/Mandiri) setelah melakukan pembayaran LIP registrasi.
  4. Menerima Password secara otomatis melalui e-mail paling lambat 2 hari setelah pembayaran LIP SUO. Password dapat juga dilihat pada laman UT-Online. Jika password belum diperoleh,segera melakukan konfirmasi ke UPBJJ-UT setempat karena password diperlukan untuk mengikuti SUO.
  5. Mencetak bukti konfirmasi sebagai peserta SUO dari UT-Online, yang harus dibawa pada saat pelaksanaan ujian SUO.

Share This Post