Sistem Belajar MURDER

Salah Satu Sistem Belajar yang dapat diterapkan mahasiswa pad sistem belajar jarak jauh adalah dengan sistem "Murder". Sistem ini apabila diterapkan dengan sungguh-sungguh akan menjadikan belajar Anda efektif dan efisien. Penjelasan dari system MURDER ini adalah sebagai berikut.

MURDER (English) = Mood – Understand – Recall – Digest – Expand – Review yang apabila dijabarkan lebih lanjut seperti berikut. (Perincian sistem belajar "MURDER" ini, yang diadaptasi dari buku The Complete Problem Solver oleh Bob Nelson)

Mood - Suasana Hati

Ciptakan selalu mood yang positif untuk belajar karena seperti pepatah mengatakan “tak kenal maka tak sayang, maka sebaiknya mahasiswa mencoba mengenali lebih dulu materi, dosen/tutor atau buku materi pokok. Setelah kita mengenal maka akan timbul rasa suka terhadap mata kuliah ini. Selain itu, Anda juga harus selalu berusaha untuk membuat atau menciptakan perasaan senang dan bahagia setiap kali akan mempelajari materi. Caranya dapat dilakukan dengan menentukan waktu, lingkungan dan sikap belajar yang sesuai dengan pribadi masing-masing.

Understand - Pemahaman

Bacalah buku materi pokok secara keseluruhan. Beri tanda kalimat/kata yang tidak dimengerti. Kemudian jika ada kesempatan cobalah untuk mencari tahu dengan bertanya atau mencari sumber-sumber lain untuk menemukan jawaban/ informasi terhadp kalimat/kata/hal yang tidak dimengerti tersebut. Tidak perlu malu untuk bertanya pada teman sejawat, tutor ataupun pihak lain yang Anda anggap lebih mengetahui hal tersebut.

Recall - Ulang

Ulangi materi yang telah dipelajari secara periodik dan berkesinambungan. Misalnya setiap seminggu sekali . Caranya adalah dengan membuat rangkuman (bukan ringkasan) dengan menggunakan kata-kata sendiri tentang materi yang sudah dipelajari. Lakukan pengulangan seperti Anda membuat spiral sehingga pengulangan yang Anda lakukan tetap akan menyentuh materi pertama yang Anda pelajari.

Digest - Telaah

Baca kembali hasil rangkuman yang telah Anda buat, jika masih ada yang kurang jelas cobalah untuk mencari penjelasan lebih lanjut pada sumber belajar yang terkait atau diskusikan dengan teman sejawat, atau tutor/dosen Anda.

Expand - Kembangkan

Kembangkan materi yang telah Anda pelajari dan telah Anda rangkum tadi dengan cara mencoba menerapkan pada kehidupan Anda sehari-hari. Seandainya Anda seorang guru, cobalah menerapkan materi yang Anda pelajari tersebut pada kegiatan pembelajaran di kelas Anda. Catat apa saja kekurangan dan kelebihan dari materi tersebut saat diterapkan di lapangan. Buat catatan yang lengkap dan gunakan catatan tersebut untuk didiskusikan dengan teman sejawat atau tutor/dosen Anda. Selain dapat pula dilakukan dengan mencoba membuat soal berdasarkan materi tersebut yang akan Anda jawab sendiri . Apakah Anda bisa menjawab semua soal tersebut dengan baik.

Review - Pelajari Kembali

Pelajari kembali setiap materi yang telah dipelajari dan jangan pernah bosan untuk mengulang-ulang materi yang sudah Anda baca karena hal tersebut akan membuat Anda semakin mudah mengingat dan memahaminya.

(Sumber: (http://www.studygs.net/indon/murder.htm)

Share This Post