Menjadi Mahasiswa UT yang CERDAS

Menjadi CERDAS berarti mampu untuk menyederhanakan berbagai hal yang nampaknya sulit bagi orang lain.

Prinsip CERDAS adalah membuat yang sulit bagi orang lain menjadi mudah dilakukan jika kita tahu kuncinya.

Sistem belajar di Universitas Terbuka(UT) adalah sistem belajar jarak jauh (BJJ). Ciri utama dari sistem ini adalah terpisahnya secara fisik antara pengajar dan mahasiswa. Hubungan antara pengajar dan mahasiswa tetap ada dan dilakukan melalui perantara berbagai media, terutama media cetak atau modul. Dengan berkembangnya teknologi saat ini, maka hubungan antara pengajar dan mahasiswa juga dapat dilakukan melalui jaringan Internet.

Sistem BJJ sering dihubungkan dengan konsep belajar mandiri. Konsep belajar mandiri menunjukkan bahwa mahasiswa tidak tergantung pada pengajar seperti pada pendidikan tatap muka. Belajar mandiri bukan berarti belajar sendiri. Belajar mandiri berarti belajar secara berinisiatif, dengan ataupun tanpa bantuan orang lain. Ini berarti Anda dapat memilih belajar sendiri, bersama teman atau dengan bantuan tutor. Berinisiatif dalam belajar berarti Anda mengetahui bahwa Anda dapat mensiasati belajar melalui strategi belajar yang efektif.

Belajar di bidang formal tidak selalu menyenangkan. Apalagi jika Anda merasa belajar dengan terpaksa. Misalnya, Anda harus belajar karena itulah satu-satunya cara untuk lulus, mendapat pekerjaan atau bahkan kenaikan pangkat. Contoh lain adalah bila Anda menyukai belajar di kelas dengan bimbingan dosen, sedangkan Anda terpaksa kuliah di Universitas Terbuka (UT) yang mempunyai sistem belajar jarak jauh.

Menghadapi keterpaksaan untuk belajar jelas bukan hal yang menyenangkan. Tidak mudah bagi seseorang untuk berkonsentrasi belajar jika ia merasa terpaksa. Oleh karena itu, Anda perlu mencari jalan agar belajar menjadi sesuatu hal yang menyenangkan, atau .... walaupun tetap terpaksa tapi paling tidak dapat menjadi lebih mudah dan efektif.

Para ahli di bidang psikologi pendidikan mengembangkan berbagai cara untuk mencari cara agar belajar menjadi sesuatu hal yang lebih mudah dan efektif.Silahkan membaca bahasan tentang strategi belajar CERDAS berikut ini.

Apa itu strategi CERDAS?

CERDAS adalah singkatan dari prinsip-prinsip strategi belajar secara efektif. Prinsip belajar CERDAS akan membantu Anda menggunakan strategi belajar dengan cara yang CERDAS. Sebagai mahasiswa, Anda perlu melakukan perencanaan dan pengelolaan belajar. Mahasiswa UT pada umumnya adalah mahasiswa yang bekerja sambil kuliah. Oleh karena itu, berbagai aktivitas dilakukan selain belajar seperti bekerja, melakukan kegiatan sosial, dan lainnya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Anda perlu melakukan perencanaan dan pengelolaan belajar agar dapat belajar dengan lebih baik dan lebih efektif.

Jika Anda adalah mahasiswa UT yang belajar sambil bekerja, maka strategi ini akan sangat membantu Anda tidak hanya dalam belajar, tapi juga pada pekerjaan Anda di masa mendatang. Mengapa? Karena strategi ini sekaligus melatih Anda untuk menjadi perencana dan pengelola yang handal untuk berbagai kegiatan Anda. Anda adalah pemimpin atau manajer masa depan. Sebagai pemimpin, Anda harus mampu memimpin diri Anda sendiri sebelum memimpin orang lain.

Bayangkan diri Anda menjadi pemimpin yang harus merancang suatu kegiatan besar. Anda harus menyusun target kerja, merancang langkah demi langkah dan mengelola agar kegiatan Anda dapat berjalan dengan lancar. Jika Anda berhasil dalam belajar di UT dengan strategi belajar CERDAS ini, maka pengalaman keberhasilan Anda diharapkan akan terbawa di bidang kerja Anda. Mari kita bahas prinsip-prinsip tersebut.

CERDAS

  • Cerdik menggunakan strategi belajar
  • Efektif dalam menggunakan waktu belajar
  • Realistis dalam merencanakan belajar
  • Dapat mencapai target belajar
  • Akurat dalam perencanaan belajar
  • Spesifik dalam menetapkan tujuan belajar

Prinsip-prinsip menjadi CERDAS nampaknya sederhana bukan? Pada kenyataannya, menjadi CERDAS berarti mampu untuk menyederhanakan berbagai hal yang nampaknya sulit bagi orang lain. Jika Anda mencoba prinsip ini, maka Anda akan tahu bahwa yang sulit bagi orang lain ternyata dapat menjadi mudah dilakukan jika Anda tahu kuncinya.

Cerdik dalam Belajar

Cerdik dalam menggunakan berbagai strategi belajar. Cerdik dalam mengenali lingkungan belajar. Cerdik dalam mengelola belajar. Cerdik dalam menyusun target belajar. Cerdik memonitor belajar. Cerdik mengevaluasi belajar.

Efektif dalam Belajar

  • EFEKTIF dalam mengelola waktu untuk belajar, bekerja, keluarga, kegiatan sosial dan bersantai
  • Waspada terhadap pemborosan waktu
  • Menentukan batasan waktu(deadline) dari pencapaian target belajar
  • Memiliki fleksibilitas dan disiplin diri. (fleksibilitas = mampu belajar dimana saja, kapan saja)

Realistis dalam Belajar

Membuat tujuan belajar jangka pendek dan jangka panjang yang Realistis. Tujuan yang R E A L I S T I S akan meningkatkan motivasi dan menggerakkan Anda untuk mencapai tujuan akhir tanpa frustrasi.....!!!

Contoh: mengikuti SIPAS (Sistem Paket Semester) atau membuat SIPAS versi sendiri disesuaikan dengan kesibukan

Dapat mencapai tujuan yang telah disusun

Mampu mencapai tujuan yang cukup sulit. Kondisi ini memberi perasaan yakin akan kemampuan diri dan bangga terhadap diri sendiri ...........! Hal ini akan meningkatkan motivasi belajar Anda!!!

Akurat dalam menyusun tujuan belajar

Tujuan jangka pendek yang Anda buat harus akurat atau dapat diukur. Tujuan yang akurat membuat Anda tahu sampai seberapa jauh Anda sudah mencapai sasaran yang direncanakan sebelumnya.

Spesifik dalam menyusun tujuan belajar

Tujuan yang SPESIFIK akan membuat target belajar menjadi akurat, dapat diukur dan menghemat waktu

Pengalaman Belajar Mahasiswa

Menurut Wasis, belajar bisa berdasarkan:

  1. Jam ujian
  2. Inti dan non inti
  3. Kode dan tahun
  4. Pengelompokan matakuliah berdasarkan tingkat kesulitan/kesukaran (mudah, sedang, sulit)
  5. Semua itu dibuat sendiri yang “gue banget”
  6. Mengikuti produk downline UT (TTMRK, Tutis, Tuton)
  7. Kenali diri, mengetahui aturan dan berbagai hal tentang UT, mencoba dan melakukan

Menurut Yati:

  1. Kenali diri, gaya belajar kita seperti apa
  2. Menerapkan strategi belajar
    • pemilihan/pengelompokan matakuliah berdasarkan jam ujian,
    • efektif menggunakan waktu belajar (mempunyai modul dan membaca)
    • mempunyai tujuan dan target belajar
  3. Komitmen atau kemauan ---“no ngulang”, mencari kiat/motivasi
  4. Mencari informasi (segala hal tentang UT, tentang ekstrakurikuler) melalui kelompok belajar, website UT, dari teman, dll.

Tulisan ini disadur dari berkas yang terdapat pada halaman Belajar CERDAS

Share This Post